Translate

Rabu, 24 September 2014

Aku Mau Jadi Pengusaha Daur Ulang Kertas!

I have a dream, a song to sing. To help me cope with anything. If you see the wonder of a fairy tale…. 

Siapa sih yang ga punya mimpi, angan-angan, cita-cita? Semua pasti punya! Walaupun terkadang impian itu masih bayang-bayang aja atau terkadang kita ga aware kalau itu tuh impian kita, tapi jauh di dalam pikiran kita pasti tiap-tiap dari kita pasti punya mimpi.

Punya mimpi itu penting banget, kalau ga punya mimpi kayak hidup tanpa tujuan. Kerasa banget deh bedanya kalau kita hidup mengejar mimpi sama yang let it flow aja. Pasti hidup kita lebih fokus dan lebih cepet majunya. Kayak lirik lagu I Have a Dream di atas, impian itulah yang membantu kita untuk menggapai segalanya. Atau kayak lagu Laskar Pelangi. “Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia”.

Nah sekarang gw mau cerita mimpi gw.

Impian gw adalah: gw pengen banget punya perusahaan daur ulang kertas. Gw ngeliat banyak banget kertas-kertas bekas yang menumpuk dan ga kepake yang sebenernya bisa jadi peluang bisnis. Hitung-hitung bisa ikut melestarikan dunia dari sampah yang semakin membludak. Dan seperti kalian tau kertas daur ulang itu proses pembuatannya gak sulit dan harganya jauhhhhh lebih tinggi dibanding biaya pembuatannya. Nyam nyam nyam. Mantap! Lagipula kertas daur ulang itu menurut gw bagus, berseni, bisa dikreasiin jadi macem-macem. Warna dan motifnya juga bisa banyaaaak banget. Indonesia dengan sebegitu banyaknya hutan dan perusahaan penghasil kertas pasti bisa jadi negara pengeksport kertas hias. Orang barat kan juga demen tuh kertas-kertas model begitu.

Eh, ngomong-ngomong kalian semua tau kan kertas daur ulang itu yang kayak gimana? Wahhhh jangan-jangan daritadi gw cerita ternyata pada gatau ya? Kertas daur ulang yang gw maksud tuh yang dibuat dari bubur kertas yang kemudian dijemur sampai kering, terksturnya kasar dan feel kalau kita ngeliat kertas itu tuh kayak gaya vintage-vintage gitu.

Jadiiii, perusahaan daur ulang kertas gw itu, gw maunya bener-bener spesialis daur ulang kertas. Gw mau sampe merk gw jadi merk no 1 yang merajai dunia kertas hias sedunia jagat raya ini. Jadi kalau orang mau beli kertas daur ulang, mereka  akan nyebut nama merk gw bukan ‘Mbak, mau beli kertas daur ulang dong’. Let’s say kayak merk Aqua, Rinso, atau Asturo gitu loh. 

Nanti setelah perusahaan daur ulang gw udah berdiri kokoh dan mantap. Gw ada mimpi lagi nih merambat ke bisnis packaging kado. Gw berpikir, selama manusia masih hidup dengan kasih sayang, pasti masih ada deh tradisi kasih hadiah. Nah, biasa kalau kita mau kasih hadiah ke orang-orang yang kita sayangi (ga harus pacar lohh ya, bisa aja orang tua, keluarga, sahabat, dll) kita pasti pengen deh bungkus kado kita menarik dan cantik. Memang sih ada sekelompok orang yang sifatnya lebih masa bodo, tapi kalo tipe orang kayak gw, gw maunya yang bagus cantik. Rasanya seneng aja bisa kasih hadiah yang unik dan menarik packagingnya.

Gw mau bikin bisnis bungkusin kado orang. Jadi gw buka outlet gallery yang menampilkan berbaaaaaagai pilihan kertas pembungkus, kartu ucapan, pita dan berbagai pernak pernik lainnya. Tentunya produk kertas dari pabrik daur ulang kertas gw harus jadi sorotan utama di outlet tersebut. Nah nanti customer bisa bebas berinovasi dan pilih mau dibungkus seperti apa (custom). Atau kalau mereka gaada ide, gw udah siapin katalog yang berisi banyak pilihan desain packaging kado. Dan secara rutin, koleksi desain packagingnya akan terus diperbaharui, jadi ga bosen-bosen orang pilihnya itu-itu terus. Selain di outlet, bisnis ini bisa juga dilakukan secara online. Mereka tinggal klik-klik aja mau kertas, pita, model yang kayak apa, terus tinggal kirim deh isi kado mereka, nanti setelah selesai dibungkus gw tinggal kirim balik lagi ke dia atau alamat tujuan yang dia mau. 

Semangat banget deh kalo ngomongin ide bisnis yang satu ini. Soalnya dari kecil sampe sekarang gw deeeeeeemen banget bungkus-bungkus kado. Gw suka banget bikin-bikin sendiri kotak coklat, box kado, dan berbagai kreativitas cara bungkus kado. Rasanya seru banget. Bisa divariasiin sama tehnik-tehnik lain misalnya paper quilling dan lain-lain. Pas masih kecil, sangking demennya sama prakarya-prakara gitu, gw bermimpi nanti kalau udah besar dan udah berkeluarga, gw mau punya satu ruangan kerja gtu buat gw berkreasi. Disitu ada lemari-lemari display buat naro gulungan-gulungan kertas koleksi gw. Nanti disitu gw bisa bebas berkarya deh dilengkapi sama fasilitas-fasilitas desain. Wahhhhhhhhhh asik asik asik asik.

Dengan bisnis packaging kado ini, gw pasti akan merasa seneng banget karenaaaaaa: Satu, hobi gw tersalurkan. Dua, gw menjalani pekerjaan yang merupakan hobi gw. Ketiga, gw yakin ini bakal rame dan menghasilkan. Keempat, gw seneng bisa nyalurin ide-ide gw. Kelima, gw seneng kalau customer gw puas dan orang yang nerima kado puas juga. Jadi kayak kesenangan yang bertubi-tubi. Hahaha.

Sebenernya dari dulu gw demen banget yang berbau-bau desain, mungkin darah seni mengalir dalam diri gw. wkakkaka. Tapi sekarang gw kuliah jurusan bisnis dan gaada bau-bau desainnya. Dulu pas lulus sekolah gw galau mau ambil jurusan apa, kebetulan gw tamatan SMK Pariwisata yang udah dididik untuk siap kerja, jadi gw kerja dulu 2 taun. Gw pikir sambil nyari pengalaman, supaya ilmu yang gw dapet ga nguap ilang gtu aja setelah lulus, sekalian ngumpulin uang biaya kuliah juga, dan sambil gw berpikir keras gw mau kuliah jurusan apa. Sempet kepikir pengen ambil jurusan desain produk atau desain interior, tapi gw sering merasa minder dengan bakat yang gw punya. Rasanya kalau dibandingin sama orang – orang lain yang ambil jurusan desain, mereka itu jago banget gambar dan demen banget gambar. Sedangkan gw enggak. Gw ga begitu demen gambar baik di computer maupun di kertas. Gw itu demennya membuat barang-barang unik, yang pengaplikasiannya langsung di produk, bukan di gambar. Sedangkan kalau disuruh gambar sih bisa sedikit stress gw. Hahahhaa. Jadi karena itulah gw akhirnya berpikir mending ambil kuliah bisnis aja deh, toh kalau memang gw hobi kan bisa-bisa aja gw buka usaha bisnis di bidang tersebut, kayak yang gw cerita di atas itu looo. Lagipula biaya kuliah desain jauh lebih mahal, gw ga sanggung biayainnya. Ehhh, jadi melenceng nih pembahasannya. Hehehhee. Abis kalau ngomongin soal bisnis packaging jadi kepikiran kesana sih.

Oke, jadi kita balik lagi ya ke masalah mimpi. Yaaaa, udah sih. Jadi intinya mimpi gw :pengen punya perusahaan daur ulang kertas yang merajai dunia, kemudian berkembang membuka usaha bisnis packaging kado sistem modern.


That’s it ! Nah sekarang silahkan kalian berbagi cerita tentang mimpi kalian juga. Gw udah siap dengerin. Hehehhee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar