Kali ini penulis sudah
asyik jalan-jalan keliling kota Jakarta tercinta, dengan ditemani kemacetan
tentunya, hehe.. Dimana sih Jakarta yang ga macet? Setelah berjuang menghadapi
kemacetan, akhirnya sampai juga di Jalan Asia Afrika. Nah, di Jalan Asia Afrika
ini ada beberapa Mall/pusat perbelanjaan yang saling bersaing tentunya. Saya
bersama rekan-rekan saya melakukan observasi terhadap 3 Mall ini. Ketiga mall
itu tidak lain adalah Senayan City, Plaza Senayan, dan STC Senayan. Tanpa basa
basi lagi yuk kita lihat apa aja sih bedanya dari 3 mall itu?
Sebagai anak Jakarta
Utara tepatnya Sunter, yang biasanya mainnya mentok – mentok di Mall Kelapa
Gading, MOI, dan sekitarnya. Sekali – kali mau ah menjelajah ke mall –mall di
Jakarta Selatan (biar ga kudet gitu loh). Tepatnya di sederetan mall di Jalan
Asia Afrika.
Nah hari ini bersama
temen-temen kampus mengunjungi 3 mall yaitu Mall STC Senayan, Senayan City, dan
Plaza Senayan. Aji mumpung nih dapet tugas kampus untuk analisis tingkat
persaingan dari masing-masing mall tersebut. Jadi ya why not? Kan sekalian jalan-jalan
cantik.
Okay, here I come
analysis! Menurut gw tingkat persaingan paling gampangnya dilihat dari 3 hal
dasar yaitu gedung yang dimiliki, jumlah
pengunjung dankelengkapan produk/outlet yang ada.
Nah, berdasarkan ketiga
kunci itu, gw akan membahas lebih lanjut masing-masing mall tersebut.
STC
Senayan
- Gedung : desain lama, kurang menarik, tapi dalamnya masih lumayan. Beda segmen pasar dengan 2 mall yang akan dibahas selanjutnya.
- Pelanggan : sepi. Tergolong mall yang kurang suskes. Bahkan sebenernya gw aja baru tau kalo ada yang namanya STC Senayan.
- Kelengkapan produk/toko : kebanyakan menjual barang-barang hobi dan juga terdapat restoran restoran berbentuk cafe.
Senayan
City
Atau yang biasa nama
gaholnya disebut Senci.
- Gedung : mewah, desain jaman sekarang, bagus
- Pelanggan : cukup ramai tapi tidak sampai susah jalannya. Rata-rata segmen pasarnya kelas menengah ke atas.
- Kelengkapan produk/toko : lengkap dari fashion, kuliner, tempat bermain anak, dll.
Plaza Senayan
Atau yang biasa disebut
PS.
- Gedung : kalau diurutkan dengan 2 mall di atas. Ini ke2 termewah setelah Senayan City, tapi jauh sih sebenernya. Jauh lebih keren dan mewah Senayan City.
- Pelanggan : kalau diurutkan dengan 2 mall sebelumnya juga memegang urutan ke2 setelah Senayan City. Agak sepi mungkin karena segmen pasarnya kelas atas ditandai dengan banyaknya toko-toko branded.
- Kelengkapan produk/toko : lengkap dari fashion, kuliner, tempat bermain anak, dll dan tentunya toko-toko dengan roduk branded.
Kesimpulannya sih ketiga mall tersebut memegang target pasar masing-masing. Sesuai dengan judul posting gw kali ini "Maju mundur cantik", karena masing - masing mall punya target dan spesialisasinya masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar