Translate

Minggu, 18 Januari 2015

Maju Mundur Cantik di Mall Kawasan Jalan Asia Afrika!!!

Kali ini penulis sudah asyik jalan-jalan keliling kota Jakarta tercinta, dengan ditemani kemacetan tentunya, hehe.. Dimana sih Jakarta yang ga macet? Setelah berjuang menghadapi kemacetan, akhirnya sampai juga di Jalan Asia Afrika. Nah, di Jalan Asia Afrika ini ada beberapa Mall/pusat perbelanjaan yang saling bersaing tentunya. Saya bersama rekan-rekan saya melakukan observasi terhadap 3 Mall ini. Ketiga mall itu tidak lain adalah Senayan City, Plaza Senayan, dan STC Senayan. Tanpa basa basi lagi yuk kita lihat apa aja sih bedanya dari 3 mall itu?

Sebagai anak Jakarta Utara tepatnya Sunter, yang biasanya mainnya mentok – mentok di Mall Kelapa Gading, MOI, dan sekitarnya. Sekali – kali mau ah menjelajah ke mall –mall di Jakarta Selatan (biar ga kudet gitu loh). Tepatnya di sederetan mall di Jalan Asia Afrika.
Nah hari ini bersama temen-temen kampus mengunjungi 3 mall yaitu Mall STC Senayan, Senayan City, dan Plaza Senayan. Aji mumpung nih dapet tugas kampus untuk analisis tingkat persaingan dari masing-masing mall tersebut. Jadi ya why not? Kan sekalian jalan-jalan cantik.

Okay, here I come analysis! Menurut gw tingkat persaingan paling gampangnya dilihat dari 3 hal dasar yaitu  gedung yang dimiliki, jumlah pengunjung dankelengkapan produk/outlet yang ada.

Nah, berdasarkan ketiga kunci itu, gw akan membahas lebih lanjut masing-masing mall tersebut.

STC Senayan

  • Gedung : desain lama,  kurang menarik, tapi dalamnya masih lumayan. Beda segmen pasar dengan 2 mall yang akan dibahas selanjutnya.
  • Pelanggan : sepi. Tergolong mall yang kurang suskes. Bahkan sebenernya gw aja baru tau kalo ada yang namanya STC Senayan.
  • Kelengkapan produk/toko : kebanyakan menjual barang-barang hobi dan juga terdapat restoran restoran berbentuk cafe.

Senayan City

Atau yang biasa nama gaholnya disebut Senci.
  • Gedung  :  mewah, desain jaman sekarang, bagus
  • Pelanggan : cukup ramai tapi tidak sampai susah jalannya. Rata-rata segmen pasarnya kelas menengah ke atas.
  • Kelengkapan produk/toko : lengkap dari fashion, kuliner, tempat bermain anak, dll.

Plaza Senayan

Atau yang biasa disebut PS.
  • Gedung  :  kalau diurutkan dengan 2 mall di atas. Ini ke2 termewah setelah Senayan City, tapi jauh sih sebenernya. Jauh lebih keren dan mewah Senayan City. 
  • Pelanggan : kalau diurutkan dengan 2 mall sebelumnya juga memegang urutan ke2 setelah Senayan City. Agak sepi mungkin karena segmen pasarnya kelas atas ditandai dengan banyaknya toko-toko branded.  
  • Kelengkapan produk/toko : lengkap dari fashion, kuliner, tempat bermain anak, dll dan tentunya toko-toko dengan roduk branded.

Kesimpulannya sih ketiga mall tersebut memegang target pasar masing-masing. Sesuai dengan judul posting gw kali ini "Maju mundur cantik", karena masing - masing mall punya target dan spesialisasinya masing-masing. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar